Abstract:
DAIFASTISA TAFIDA, Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Peserta Didik Di Kelas III Dalam Pembelajaran Tematik SDIT Al Karima Kabupaten Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk memaparkan keterampilan menulis karangan peserta didik sebelum digunakan media gambar berseri di kelas III dalam pembelajaran tematik SDIT Al Karima Kabupaten Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024; 2) Untuk mengidentifikasi langkah-langkah penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik di kelas III dalam pembelajaran tematik SDIT Al Karima Kabupaten Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024; 3) Untuk mendeskripsikan keterampilan menulis karangan peserta didik sesudah digunakan media gambar berseri di kelas III dalam pembelajaran tematik SDIT Al Karima Kabupaten Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024; 4) Untuk memaparkan peningkatan keterampilan menulis karangan peserta didik menggunaan media gambar berseri di kelas III dalam pembelajaran tematik SDIT Al Karima Kabupaten Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III A SDIT Al Karima Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik analisis data mengguakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pada setiap siklusnya. Pada prasiklus keterampilan menulis karangan peserta didik diketahui rata-rata nilai adalah 60, termasuk kategori kurang. Pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan adalah 74, termasuk kategori baik. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata keterampilan menulis karangan meningkat menjadi 80 yang termasuk kategori sangat baik.