Abstract:
DUWI, 119110094. Penerapan Permainan Drillcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Dalam Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SDN 03 Nanga Emapangau Kabupaten Kapuas Hulu. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Mendeskripsikan bagaimana keterampilan peserta didik dalam membaca permulaan pada pembelajaran tematik sebelum diterapkan permainan Drillcard 2) Mendeskripsikan bagaimana Langkah-langkah penerapan permainan Drillcard dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan 3) Mendeskripsikan bagaimana keterampilan peserta didik dalam membaca permulaan pada pembelajaran tematik setelah diterapkan permainan Drillcard. 4) Mendeskipsikan apakah terdapat peningkatan keterampilan peserta didik dalam membaca permulaan pada pembelajaran tematik sebelum dan sesudah diterapkan permainan Drillcard
Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan metode penelitian deskritif kuantitatif dan deskritif kualitatif. Subjek penelitian 25 orang siswa. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan keterampilan membaca. Adapaun pengumpulan data dilakukan dengan teknik: observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan pada analisis yang di lakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa:1) keterampilan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik sebelum di gunakan permainan Drillcard. Mendapatkan nilai rata-rata sebesar 69,6 dengan kategori kurang 2) langkah-langkah penggunaan permainan Drillcard untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca permulaan pada pembelajaran tematik. pada siklus I dapat terlaksana 79,92%, dan siklus II terlaksana 92,30% dari langkah-langkah pembelajaran yang di lakukan 3) Keterampilan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik sesudah di terapakan permainan Drillcard. pada siklus I terdapat 88% peserta didik yang mencapai nilai tuntas, dan siklus II terdapat 100% yang mencapai nilai tuntas 4) Terdapat peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik setelah menerapkan permainan Drillcard yaitu terdapat peningkatan dalam keterampilan membaca permulaan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12%.