Abstract:
RATNA NURJANNAH, 11910079. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Energi Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 12 Pontianak Timur : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan pada penelitian ini membahas mengenai: 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar pre-test pada materi tentang energi Kelas IV SDN 12 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2022/2023; 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar post-test pada materi tentang energi kelas IV SDN 12 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2022/2023; 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi tentang energi kelas IV SDN 12 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2022/2023.
Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experimental yaitu menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Adapun jumlah sampel yang di teliti sebanyak 29 peserta didik, data hasil penelitian diperoleh berdasarkan dari nilai pre-test dan post-test peserta didik. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis uji t dua sampel berpasangan dengan bantuan SPSS 23, diperoleh bahwa probabilitas Sig. (2-tailed) 0.176 (˃) besar dari 0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, atau dengan kata lain tidak terdapat perbedaan hasil pre-test belajar peserta didik kelas IV SDN 12 Pontianak Timur materi tentang energi sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). (2) Berdasarkan hasil analisis uji t dua sampel berpasangan dengan bantuan SPSS 23, diperoleh bahwa probabilitas Sig. (2-tailed) 0.000 (˂) besar dari 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar post-test peserta didik kelas IV SDN 12 Pontianak Timur materi tentang energi sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). (3) Berdasarkan hasil analisis uji t dua sampel berpasangan dengan bantuan SPSS 23, diperoleh bahwa probabilitas Sig. (2-tailed) 0.000 (˂) besar dari 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain terdapat pengaruh hasil belajar pada peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan perhitungan effect size diporeleh pengaruh sebesar 3,62 dengan interpretasi tinggi (strong effect).