PENGEMBANGAN MATERI AJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG KETAHANAN PANGAN PADA SD/MI BERDASARKAN TRADISI MASYARAKAT BORNEO DI KAWASAN PESISIR KABUPATEN SAMBAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Zaenuddin, Zaenuddin
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author NURASIKIN, NURASIKIN
dc.date.accessioned 2024-06-20T01:59:03Z
dc.date.available 2024-06-20T01:59:03Z
dc.date.issued 2024-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4763
dc.description.abstract NURASIKIN. Pengembangan Materi Ajar Mata Pelajaran IPA tentang Ketahanan Pangan pada SD/MI Berdasarkan Tradisi Masyarakat Borneo di Kawasan Pesisir Kabupaten Sambas. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Memaparkan skor rata-rata pengetahuan petani mengenai ketahanan pangan di kawasan pesisir Kabupaten Sambas, (2) Mendeskripsikan hasil uji kelayakan pedoman wawancara dan uji kelayakan hasil pengembangan materi ajar, (3) Mendeskripsikan langkah pengembangan bahan ajar tentang ketahanan pangan dalam pembelajaran IPA di SD/MI berdasarkan tradisi masyarakat Borneo di Kawasan Pesisir Kabupaten Sambas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Subjek yang terlibat pada penelitian ini adalah masyarakat desa Merabuan dengan jumlah 30 responden dari 380 orang jumlah petani di Desa Merabuan, dan subjek ke dua adalah peserta didik kelas IV MIS Islamiyah Merabuan Kabupaten Sambas Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Skor rata-rata pengetahuan petani mengenai ketahanan pangan di kawasan pesisir Kabupaten Sambas dengan nilai rata-rata 72,4, (2) Uji kelayakan pedoman wawancara sebagai bahan dalam pengambilan data dengan dua validator ahli sebesar 0,68 serta uji kelayakan hasil pengembangan materi ajar ketahanan pada mata pelajaran IPA dari dua validator ahli adalah sangat tinggi dan layak gunakan sebagai uji coba dalam proses belajar mengajar dengan perolehan nilai 0,86. (3) Langkah pengembangan bahan ajar tentang ketahanan pangan dalam pembelajaran IPA di SD/MI berdasarkan tradisi masyarakat Borneo di Kawasan Pesisir Kabupaten Sambas melalui 4 tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Materi Ajar en_US
dc.subject Ketahanan Pangan en_US
dc.subject Tradisi, en_US
dc.subject Masyarakat Borneo en_US
dc.subject Kawasan Pesisir en_US
dc.title PENGEMBANGAN MATERI AJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG KETAHANAN PANGAN PADA SD/MI BERDASARKAN TRADISI MASYARAKAT BORNEO DI KAWASAN PESISIR KABUPATEN SAMBAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account