Abstract:
HAMIDAH HASNAH, Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Energi Listrik Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning di SDN 03 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: pertama, prestasi belajar peserta didik energi listrik Kelas V menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di SDN 03 Pontianak Timur tahun pelajaran 2023/2024. Kedua, prestasi belajar peserta didik materi energi listrik Kelas V menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di SDN 03 Pontianak Timur tahun pelajaran 2023/2024. Ketiga, perbedaan prestasi belajar peserta didik materi energi listrik Kelas V menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning di SDN 03 Pontianak Timur tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Lokasi penelitian ini di SDN 03 Pontianak Timur. Sumber data yang digunakan yaitu peserta didik kelas V. Teknik dan alat pengumpulan data mengunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, prestasi belajar peserta didik pada materi energi listrik di kelas V SDN 03 Pontianak Timur menggunakan model Problem Based Learning tahun pelajaran 2023/2024 diperoleh nilai prestasi belajar dengan rata-rata sebesar 65,32. Kedua, prestasi belajar peserta didik pada materi energi listrik di kelas V SDN 03 Pontianak Timur menggunakan model Project Based Learning tahun pelajaran 2023/2024 diperoleh nilai prestasi belajar dengan rata-rata sebesar 73,87. Ketiga, perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning memperoleh hasil yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari taraf signifikasi melalui hasil uji T Gain Score sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan pada peserta didik Kelas V menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning di SDN 03 Pontianak Timur tahun pelajaran 2023/2024.