Abstract:
ADE IRMA OKTA FITRIANI, Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis peserta didik kelas IV di SDN 03 Pontianak Selatan: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan dan menganalisis : (1) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas kontrol (IVB) menggunakan model ekspositori pada materi luas persegi dan persegi panjang di SDN 03 Pontianak Selatan; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen (IVA) menggunakan model contextual teaching and learning pada materi luas persegi dan persegi panjang di SDN 03 Pontianak Selatan dan (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan Model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IV pada materi luas persegi dan persegi panjang di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dengan populasi peserta didik kelas IV sebanyak 111 peserta didik, terdiri dari 4 kelas dan menggunakan random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, pengukuran dan studi dokumentasi dan alat pemgumpulan datanya lembar obsrvasi, tes tertulis, pedoman dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t.
Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis di kelas kontrol lebih kecil daripada di kelas eksperimen; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis materi luas persegi dan persegi panjang yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning (Kelas eksperimen) lebih baik dari peserta didik yang tidak menggunakan perlakuan (Kelas Kontrol), dan (3) model Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Selatan