META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD/MI (REVIEW JURNAL NASIONAL)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author RABBANI, HUDA
dc.date.accessioned 2024-06-11T04:16:24Z
dc.date.available 2024-06-11T04:16:24Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4713
dc.description.abstract HUDA RABBANI, Meta Analisis Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SD/MI: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan utama pada penelitian ialah menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta SD/MI secara keseluruhan. Sedangkan tujuan penelitian khusus dalam penelitian ini terbagi 3 yaitu; (1) pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SD/MI berdasarkan effect size; (2) pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SD/MI berdasarkan power of analysis; (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SD/MI berdasarkan confidence level. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif, berdasarkan sifat atau paparannya adalah penelitian eksploratif kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu meta analisis. Populasi dalam penelitian ini ialah 35 studi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Electronic Device diantaranya; (1) Laptop; (2) Handphone; (3) Internet; (4) Media Penyimpanan Digital. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji effect size dari Cohen d. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai rerata effect size pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SD/MI yaitu, pertama, effect size secara keseluruhan berkategori tinggi dengan nilai 0,92. effect size studi pada segi wilayah berkategori tinggi dengan nilai 0,82 untuk studi di pulau jawa dan 1,182 untuk studi di luar pulau jawa, effect studi pada segi mata pelajaran berkategori tinggi dengan dengan nilai IPA (1,13), IPS (0,96), Matematika (0,74) dan Tematik (0,94). Kedua, nilai power pada studi yang dianalisis memiliki rentang 0,61 hingga 0,99 dan berkategori signifikan. Ketiga, tingkat kepercayaan (confidence level) pada studi yang dianalisi mendapati nilai 0,95 atau 95% hingga 1 atau 100% dan berkategori signifikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Meta Analisis en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD/MI (REVIEW JURNAL NASIONAL) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account