Abstract:
MELIA, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 03 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai 1) Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian Kelas II A Sebelum Diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Kartu Domino di SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2022/2023. 2) Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Perkalian Kelas II A di SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian Kelas II A Sesudah Diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Kartu Domino di SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2022/2023. 4) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian Kelas II A Sebelum dan Sesudah Diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Berbantuan Media Kartu Domino di SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2022/ 2023.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan yang mengkombinasikan antara kuantitatif dan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 03 Pontianak Timur dengan sumber data adalah peserta didik kelas II A. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, foto, video, serta data nilai. Analisis data berupa analisis persentase dan mean.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu domino sebesar 20,68%. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu domino telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Pada siklus I keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 67,30%, pada siklus II sebesar 86,53%, pada siklus III sebesar 96,15%. 3) Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu domino sebesar 93,10%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi perkalian kelas II A sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu domino di SDN 03 Pontianak Timur yaitu pada pra siklus ketuntasan klasikal sebesar 20,68%, pada siklus I meningkat menjadi 37,93%, pada siklus II meningkat menjadi 72,41%, sedangkan siklus III meningkat menjadi 93,10%.