Abstract:
Satinah, NIM 11910096. Penerapan Metode Drill Berbantuan Media Digital Game Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pembelajaran Tematik di SD Negeri 75 Pontianak Barat: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menyelesaiakan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan peserta didik kelas I SDN 75 Pontianak Barat ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru. Guru mengajar terkesan monoton tidak menggunakan metode dan media yang menarik membuat peserta didik bosan, tidak bersemangat dan tidak fokus dalam proses pembelajaran. Tujuan penelian ini adalah mendeskripskan kemampuan menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pegurangan peserta didik sebelum dan setelah menggunakan metode drill dan media digital game based learning sesuai dengan langkah- langkah yang diterapkan. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus dengan subyek penelitian 28 orang peserta didik. Data dikumpulkan melalui tes dengan menghitung menggunakan rumus nilai rata- rata dan persentase. Sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan yang dipaparkan secara sistemais, faktual dan kontektual. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Kemampuan menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan peserta didik kelas I SDN 75 Pontianak Barat sebelum menggunakan metode Drill berbantuan media digital Game Based Learning, dari 28 peserta didik terdapat 5 peserta didik yang belum mencapai KKM dengan nilai ketuntasan 0%, dengan kategori cukup. 2) Langkah- langkah penerapan metode drill dan media digital game based learning untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan peserta didik kelas 1 SDN 75 Pontianak Barat menggunakan penelitian tindakan kelas melalui tahap pelaksanaan, perencanaan, obervasi dan refleksi. 3) kemampuan menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan peserta didik kelas I setelah menggunakan metode Drill berbantuan media Digital Game Based Learning di SDN 75 Pontianak Barat mengalami peningkatan, pada siklus I dapat terlaksana 0,4% dan siklus II terlaksana 1%.