Abstract:
DEVI SURYANINGSIH. Pengaruh Metode Syllabic Dengan Berbantuan Media Papan Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I di SDIT Haruniyah Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Keterampilan membaca peserta didik yang tidak diterapkan metode syllabic dengan berbantuan media papan huruf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SDIT Haruniyah Pontianak. 2) Keterampilan membaca peserta didik yang diterapkan metode syllabic dengan berbantuan media papan huruf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SDIT Haruniyah Pontinak. 3) Seberapa besar pengaruh metode syllabic dengan berbantuan media papan huruf terhadap keterampilan membaca peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SDIT Haruniyah Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen Quasi Experimental dengan menggunakan bentuk Nonrandomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I dengan jumlah 43 orang, sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total yang terdiri dari peserta didik kelas I A sebanyak 21 orang dan peserta didik kelas I B sebanyak 22 orang. Dengan menggunakan Teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data: Tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data: Rubrik penilaian, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data: Uji validitas,uji reliabilitas, uji daya pembeda soal, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan Mann Whitney.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1) Keterampilan membaca peserta didik yang tidak diterapkan metode syllabic dengan berbantuan media papan huruf (Kelas Kontrol) memperoleh hasil nilai pretest dengan rata-rata sebesar 66,19 termasuk kategori “Cukup” sedangkan hasil nilai posttest memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,19 termasuk kategori “Baik”, 2) Keterampilan membaca peserta didik yang diterapkan metode syllabic dengan berbantuan media papan huruf (Kelas Eksperimen) terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 65,45 termasuk kategori “Cukup” sedangkan nilai posttest dengan rata-rata sebesar 83,1 termasuk kategori “Sangat Baik”, 3) Pengaruh metode syllabic berbantuan media papan huruf, menggunakan uji Mann Whitney sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti nilai residual berdistribusi ada perbedaan dibanding dengan yang tidak diterapkan metode syllabic berbantuan media papan huruf terhadap keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SDIT Haruniyah Pontianak.
Kata Kunci: Metode Syllabic