Abstract:
UTAMI MACHAIR, Pengaruh Penggunaan Strategi Inkuiri Terbimbing Dibantu dengan Media Video Animasi Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas IV MIS Al-Mustaqim Kubu Raya Tahun Ajaran 2022/2023: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar peserta didik kelas IV MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Maka diterapkan Strategi Inkuiri Terbimbing berbantuan media animasi terhadap aktivitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Aktivitas belajar peserta didik materi keliling dan luas bangun datar di kelas kontrol IV A MIS Al-Mustaqim Kubu Raya. 2) Aktivitas belajar peserta didik materi keliling dan luas bangun datar di kelas eksperimen IV B MIS Al-Mustaqim Kubu Raya. 3) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dibantu dengan media video animasi terhadap aktivitas belajar peserta didik materi keliling dan luas bangun datar di kelas eksperimen IV B MIS Al-Mustaqim Kubu Raya tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A yang merupakan kelas kontrol yang tediri dari 20 peserta didik dan kelas IV B yang merupakan kelas eksperimen yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik nonprobability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan kamera.
Hasil pada penelitian ini yaitu: 1) Aktivitas belajar peserta didik materi keliling dan luas bangun datar peserta didik kelas kontrol IV A MIS Al-Mustaqim. Nilai rata-rata di kelas kontrol 58,09 dengan jumlah peserta didik yang aktif 9 orang dinyatakan sangat aktif. 2) Aktivitas belajar peserta didik materi keliling dan luas bangun datar peserta didik kelas eksperimen IV B MIS Al-Mustaqim. Nilai rata-rata pada Kelas eksperimen 88,71 dengan jumlah 20 peserta didik yang dinyatakan sangat aktif. 3) Uji hipotesis pada penelitian ini yaitu terdapat nilai (Sig) sebesar 0,000 dengan nilai (Sig) < 0,05 artinya Hₐ diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dibantu dengan media video animasi.