UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 30 DAN SDN 14 PONTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusriadi, Yusriadi
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author RAHMAYANI, NURUL SAUMA
dc.date.accessioned 2024-05-28T03:08:20Z
dc.date.available 2024-05-28T03:08:20Z
dc.date.issued 2024-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4643
dc.description.abstract Nurul Sauma Rahmayani (2023), Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 30 dan SDN 14 Pontianak Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agma Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 30 dan SDN 14 Pontianak Selatan. 2) Upaya guru mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 30 dan SDN 14 Pontianak Selatan. 3) Faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 30 dan SDN 14 Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan seluruh guru kelas di SDN 14 dan SDN 30 Pontianak Selatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles and Huberman (1904). Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 30 dan SDN 14 Pontianak Selatan memiliki persamaan berdasarkan aspek kemampuan berbahasa, yaitu kesulitan belajar dalam aspek menyimak, aspek membaca dan aspek menulis. 2) Terdapat perbedaan upaya guru mengatasi kesulitan belajar Bahasa Indonesia. Guru kelas di SDN 14 Pontianak Selatan memberikan bimbingan khusus saat jam pelajaran. Guru kelas di SDN 30 Pontianak Selatan memberikan jam pelajaran tambahan setelah pulang sekolah. Adapun persamaannya yaitu guru menerapkan berbagai macam metode belajar. 3) Terdapat persamaan faktor penghambat dan pendukung upaya guru di SDN 30 dan SDN 14 Pontianak Selatan. Faktor penghambatnya yaitu peserta didik belum menyadari kebutuhannya dalam belajar. Faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana sekolah yang mendukung. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Kesulitan Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran Bahasa Indonesia en_US
dc.title UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 30 DAN SDN 14 PONTIANAK SELATAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account