Abstract:
NEKEN PRATAMI, Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Melalui Permainan “Jigs-ultra” Dalam Pembelajaran Tematik Kelas III SDN
13 Nanga Boyan Kabupaten Kapuas Hulu. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan sebelum digunakan permainan jigs-ultra pada pembelajaran tematik kelas III, 2) Untuk mendeskripsikan langkah langkah permainan jigs-ultra untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan pada pembelajaran tematik kelas III, 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan sesudah digunakan permainan jigs-ultra pada pembelajaran tematik kelas III, 4) Untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan sebelum dan sesudah digunakan permainan jigs-ultra pada pembelajaran tematik kelas III.
Untuk mencapai tujuan tersebut peniliti menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Alat pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Untuk metode penelitian yang digunakan deskritif kuantitatif dan deskritif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN
13 Nanga Boyan yang berjumlah 26 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai persentase ketuntasan sebelum diterapkan permainan jigs-ultra sebesar 38% dengan rata-rata 53,36 peserta didik yang tergolong rendah atau masuk kedalam kriteria kurang. 2) Penerapan permainan jigs-ultra berjalan dengan baik. 3) Persentase kemampuan membaca permulaan setelah menggunakan permainan jigs-ultra, secara keseluruhan telah mengalami peningkatan dari pratindakan dan setiap siklusnya. Pada pra tindakan 38% peserta didik yang mencapai tuntas, siklus I terdapat 53% peserta didik yang mencapai nilai tuntas, dan siklus II terdapat
80% yang mencapai nilai tuntas. 4) Terdapat peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik setelah menerapkan permainan jigs-ultra yaitu terdapat peningkatan dalam keterampilan membaca permulaan dari siklus I ke siklus II. Ketentuan pada siklus I dengan rata-rata 68,50 atau persentase ketuntasan sebesar 53% dan pada siklus 2 dengan rata-rata 79,80 atau persentase ketuntasan 80% jadi dari siklus
1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 11,3%.