Abstract:
ANISA, Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas V pada Materi Organ Pencernaan Manusia di MIN 1 Filial Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024 M/1445 H.
Pendidikan abad 21 menekankan pentingnya peserta didik memiliki keterampilan proses sains agar mereka dapat bersaing di lingkungan akademik dan menghadapi era industri 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Keterampilan proses sains peserta didik di kelas kontrol pada materi organ pencernaan manusia di MIN 1 Filial Pontianak tahun pelajaran 2023/2024; 2) Keterampilan proses sains peserta didik di kelas eksperimen pada materi organ pencernaan manusia di MIN 1 Filial Pontianak tahun pelajaran 2023/2024; 3) Pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas V pada materi organ pencernaan manusia di MIN 1 Filial Pontianak tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan desain true experimental pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 1 Filial Pontianak dan sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan Kelas V D sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dengan alat soal pilihan ganda, non tes berupa wawancara dengan alat wawancara tidak terstruktur, observasi dengan alat pedoman observasi dan dokumentasi dengan alat berupa smartphone. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Keterampilan proses sains peserta didik di kelas kontrol ditunjukkan hasil data pretest peserta didik nilai rata-rata sebesar 50,54 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 57,42 termasuk dalam kategori cukup. 2) Keterampilan proses sains peserta didik di kelas eksperimen ditunjukkan hasil data pretest peserta didik di kelas eksperimen terdapat nilai rata-rata sebesar 62,22 termasuk dalam kategori baik dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 55,80 termasuk dalam kategori cukup. 3) Terdapat pengaruh negatif sebesar -73% model discovery learning terhadap keterampilan proses sains, dengan demikian model discovery learning kurang cocok diterapkan pada materi organ pencernaan manusia di kelas V A MIN 1 Filial Pontianak tahun pelajaran 2023/2024.