Abstract:
Rosyida Rozana, Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Kelas III di MI Hidayatul Mustaqim Jongkong: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak,2023.
Berdasarkan hasil observasi, pada saat kegiatan pembelajaran keaktifan peserta didik masih belum maksimal terutama dalam pembelajaran IPS. Proses pemebelajaran masih minimnya pengetahuan guru tentang model pembelajaran yang mendukung partisipasi aktif peserta didik serta fasilitas belajar yang terbatas, sehingga guru kesulitan dalam mengaplikasikannya. Suasana pembelajaran terlihat kurang kondusif, peserta didik sulit diatur, peserta didik ada yang mengantuk, bercanda, dan kurangnya partisipasi aktif dan kerja sama peserta didik dalam pemebelajaran baik secara individu maupun kelompok.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam PTK ini terdapat 2 siklus pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dan setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran (2 x 35 menit). Adapun subjek penelitian ini adalah kelas III dengan jumlah 16 peserta didik, teknik pengumpulan data dalam dpenelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Jenis instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi.
Penelitian ini bertujuan: a)Untuk mendeskripsikan keaktifan belajar peserta didik kelas III sebelum diterapkan model Make A Match pada mata pelajaran IPS. ;b)Untuk mendeskripsikan penerapan model Make A Match untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran IPS di MI Hidayatul Mustaqim Jongkong;c)Untuk mendeskripsikan keaktifan belajar peserta didik kelas III pada saat diterapkan model Make A Match pada mata pelajaran IPS di MI Hidayatul Mustaqim Jongkong;d) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajaar peserta didik antara, sebelum, dan pada saat diterapkan model Make A Match pada mata pelajaran IPS di MI Hidayatul Mustaqim Jongkong. e)Untuk mengetahui berapa besar peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas III setelah diterapkan model Make A Match pada mata pelajaran IPS di MI Hidayatul Mustaqim Jongkong.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan peserta didik pada siklus I mencapai 57% (kriteria cukup) dengan menggunakan model pembelajaran model Make A Macth, namun pada siklus I peserta didik belum terlalu memahami bagaimana proses pembelajaran model Make A Match yang sebenarnya. Pada siklus II meningkat menjadi 81% (kriteria tinggi sekali). Artinya ada peningkatan sebesar 36%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas III di MI Hidayatul Mustaqim Jongkong tahun pelajaran 2023/2024.