Abstract:
MURNI. Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Dibantu Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Perkalian Kelas III MIS Nurul Islam Pontianak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Hasil belajar (pretest) peserta didik dengan menggunakan metode bernyanyi dibantu media papan perkalian materi perkalian kelas 3 MIS Nurul Islam Pontianak. 2) Hasil belajar (postest) peserta didik yang menggunakan metode bernyanyi dibantu media papan perkalian di kelas III MIS Nurul Islam Pontianak. 3) Ada tidaknya pengaruh penggunaan metode bernyanyi dibantu media papan perkalian terhadap hasil belajar peserta didik materi perkalian Kelas III MIS Nurul Islam Pontianak tahun pelajaran 2023/2024.
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan tes, teknik observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 MIS Nurul Islam Pontianak. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, analisis deskriptif, uji pengaruh.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar (pretest) peserta didik dengan menggunakan metode bernyanyi dibantu media papan perkalian materi perkalian kelas 3 MIS Nurul Islam Pontianak dengan nilai rata-rata pretest 50% dari 32 peserta didik. 2) Hasil belajar (postest) peserta didik dengan menggunakan metode bernyanyi dibantu media papan perkalian di kelas III MIS Nurul Islam Pontianak yaitu dengan rata-rata postest sebesar 95.63% dari 32 peserta didik. 3. Terdapat pengaruh pengaruh penggunaan metode bernyanyi dibantu media papan perkalian terhadap hasil belajar peserta didik materi perkalian Kelas III MIS Nurul Islam Pontianak tahun pelajaran 2023/2024.