PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author SAPIPAH, ANI SATU
dc.date.accessioned 2024-04-22T00:58:50Z
dc.date.available 2024-04-22T00:58:50Z
dc.date.issued 2024-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4575
dc.description.abstract ANI SATU SAPIPAH, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas V Materi Sistem pernafasan Pada Manusia di MIN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 M: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan menerapkan konsep-konsep, prinsip-prinsip, hukum-hukum dan teori sains secara alami. Hal tersebut berguna dalam membekali peserta didik untuk menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan berbagai persoalan dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan proses sains peserta didik di kelas V C (kontrol) pada materi Sistem pernafasan Pada manusia. 2) keterampilan proses sains peserta didik di kelas 5 E (eksperimen) pada materi Sistem pernafasan Pada manusia. 3) pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 E terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi Sistem pernafasan pada manusia. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, maka digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eskperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah ekperimen jenis Quasi Experimental dengan bentuk rancangan nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MIN 2 Pontianak Kelas 5. Pengambilan sampel mengguanakan Teknik purposive sampling, berdasarkan rekomendasi oleh madrasah, yaitu kelas 5 C (kontrol) dan 5 E (eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes, sedangkan alat pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda, lembar observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisa data menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dibuktikan bahwa: 1) Keterampilan proses sains di kelas kontrol pada saat pretest memperoleh rata-rata 67 dengan kategori baik dan pada saat posttest memperoleh ratarata 68 dengan kategori baik. 2) Keterampilan proses sains di kelas eksperimen pada saat pretest memperoleh rata-rata 65 dengan kategori baik dan pada saat posttest memperoleh rata-rata 76 dengan kategori baik. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan hasil uji effect size sebesar 0,618, artinya penerapan model learning cycle 5 E di kelas eksperimen memberikan pengaruh dengan kategori sedang terhadap keterampilan proses sains peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Ilmu Pengetahuan Alam en_US
dc.subject Keterampilan Proses Sains en_US
dc.subject Learning Cycle 5 E en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account