Abstract:
UMI TANTYA, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dibantu Media Flashcard terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada mata pelajaran IPA Kelas IV di MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, aktivitas belajar peserta didik kelas kontrol (IV A) yang diajarkan dengan tidak menggunakan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dibantu media Flashcard. Kedua, langkah-langkah penggunaan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dibantu media Flashcard di kelas eksperiment (IV B). Ketiga, aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen (IV B) menggunakan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dibantu media Flashcard. Keempat, penggunaan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dibantu media Flashcard berpengaruh terhadap aktivitas belajar peserta didik antara kelas kontrol (IV A) dengan kelas eksperimen (IV B).
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain True Exsperimental Design. Bentuk True Exsperimental Design yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Lokasi penelitian ini bertempat di MIS Al-Mustaqim dengan jumlah sampel penelitian yaitu 40 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan analisis statistik inferensial.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, Aktivitas belajar peserta didik kelas kontrol IV A dengan nilai rata-rata kelas kontrol 68,15 dengan jumlah 10 peserta didik yang kurang aktif, 5 peserta didik aktif dan 5 peserta didik sangat aktif. Kedua, Langkah-langkah pengunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dibantu dengan media flashcard yang telah di laksanakan dengan hasil sangat baik berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan. Ketiga, Aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas eksperimen IV B dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 95,00 dengan jumlah 20 peserta didik sangat aktif. Keempat, Uji hipotesis pada penelitian ini yaitu terdapat nilai (Sig) sebesar 0,000 dengan nilai (Sig) < 0,05 artinya Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh pengggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dibantu media flashcard.