Abstract:
Sarah Rizki Novianti.2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Penerapan Strategi Reading Aloud Berbantuan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di SDN 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2023/2024 .
Tujuan penelitian ini adalah penerapan strategi reading aloud berbantuanmedia big book untuk meningkatkan kemampuan baca peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN 38 Sungai Raya, sejumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Embedded Desisgn.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan membaca peserta didik. Hal ini di buktikan dengan indikator keberhasilan yaitu 75% dan untuk rata-rata pratindakan 51 dengan ketuntasan klasikal sebesar 11,7%, untuk siklus I mengalami sedikit peningkatan dengan rata-rata sebesar 57 dengan ketuntasan klasikal yaitu 38,23% dan di siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 76 untuk ketuntasan klasikal sebesar 91,17%.
Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi reading aloud berbantuan media big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN 38 Sungai Raya