Abstract:
MELISARI, 11910143. Penerapan Metode Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas III SDN 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2023. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Tahun Ajaran 2024.
Peneitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik Kelas III SDN 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2023. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan Keterampilan Berbicara Peserta didik Tema 2 sebelum diterapkan Metode StoryTelling di Kelas III SDN 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2023. 2) Untuk mendeskpisikan langkah-langkah Penerapan Metode StoryTelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas III SDN 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2023. 3) Untuk mendeskripsikan Keterampilan Berbicara Peserta didik sesudah diterapkan Metode StoryTelling di Kelas III SDN 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2023. 4) Untuk mendeskripsikan peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan Metode StoryTelling di Kelas III SDN 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2023 yang berjumlah 26 peserta didik dengan menggunakan skala keterampilan berbicara.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa meningkatkan Keterampilan Berbicara peserta didik melalui Metode Storytelling pada mata pelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan Keterampilan Berbicara peserta didik kelas III SDN 38 Sungai Raya. Keterampilan Berbicara peserta didik sebelum diterapkan Metode Storytelling dengan rata-rata sebesr 42,65 meningkat pada siklus I menjadi 59,15 dan siklus II menjadi 67,26 sesudah diterapkan Metode Storytelling dikategorikan sedang.