Abstract:
ADE LIA RISTANTI. “Penerapan Pembelajaran Metode Himpunan Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Di Kelas IV MIN 01 Pontianak Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan guru masih menggunakan metode yang monoton pada Mata Pelajaran Matematika khususnya materi KPK dan FPB. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui: 1) Kemampuan peserta didik sebelum menggunakan metode himpunan dalam menyelesaikan soal KPK dan FPB di kelas IV MIN 01 Pontianak Tahun Ajaran 2018/2019, 2) Bagaimana penerapan metode himpunan di kelas IV MIN 01 Pontianak, 3) Kemampuan peserta didik sesudah menggunakan metode himpunan dalam menyelesaikan soal KPK dan FPB di kelas IV MIN 01 Pontianak, 4) Apakah terjadi peningkatan kemampuan peserta didik menyelesaikan soal KPK dan FPB setelah menerapkan metode himpunan di kelas IV MIN 01 Pontianak Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV B MIN 01 Pontianak dengan jumlah 34 peserta didik. Penelitian berbentuk siklus, dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa daftar Cheklist dan untuk mengetahui kualitas hasil belajar peserta didik digunakan lembar tes.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar pembelajaran Matematika sebelum menggunakan metode himpunan pada peserta didik kelas IV B MIN 01 Pontianak memperoleh nilai rata-rata 55. 2) Penerapan metode himpunan dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. 3) Hasil belajar pembelajaran Matematika Materi KPK dan FPB sesudah menggunakan Metode Himpunan pada peserta didik kelas IV B MIN 01 Pontianak memperoleh nilai rata-rata 36 pada siklus I sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 82. 4) Adanya peningkatan kemampuan peserta didik menyelesaikan soal sebelum dan sesudah menggunakan Metode Himpunan di kelas IV B MIN 01 Pontianak berdasarkan persentase ketuntasan peserta didik pada prasiklus dan siklus II memiliki peningkatan sebesar 79.41%.