INTERNALISASI NILAI - NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN PRAMUKA PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Safitri, Safitri
dc.date.accessioned 2023-10-30T03:24:21Z
dc.date.available 2023-10-30T03:24:21Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4188
dc.description.abstract Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengulas mengenai: Pertama, mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang diinternalisasi dalam kegiatan pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. Kedua, untuk mengetahui metode internalisasi nilai-nilai karakter dalam kegiatan pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. Ketiga, mengetahui faktor-faktor yang menghambat internalisasi karakter pada peserta didik dalam kegiatan pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. Jenis peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat fenomenologi. Dimana penelitian dalam pandangan fenomenologi adalah berupa memahami arti peristiwa-peristiwa dan kaitan-kaitannya berada orang-orang biasa dalam situasi tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawanara, observasi dan dokumentasi,selanjutnya teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Agar data yang diperoleh memiliki validitas tinggi maka pengumpulan data penelitian didasaran pada pernyataan-pernyataan penelitian tentang internaliasi nilai-nilai karakter dalam Kegiatan Kepramukaan pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, nilai-nilai karakter yang diinternalisasi dalam kegiatan pramuka di MIN 2 Pontianak. Karakter religius dalam kegiatan pramuka peserta didik selalu memulai kegiatan dengan berdo'a bersama, beribadah dengan benar menjadi kebiasaan bagi peserta didik di MIN 2 Pontianak. Karakter disiplin peserta didik sebagian besar datang tepat waktu, mentaati peraturan, berpakaian rapi dan atribut lengkap sebagaimana anggota pramuka yang semestinya, dan disipin mengikuti kegiatan pramuka. Karakter kemandirian anggota pramuka dilatih mandiri dalam melaksanakan semua kegiatan pramuka. Karakter kreatif anggota pramuka dilatih membuat miniature pionering dari tongkat dan tali nilon, membuat kerajinan dari tali bidai, membuat kerajinan dari bahan alam, dan membuat yel yel pramuka. Kedua, metode internalisasi yang digunakan dalam kegiatan kepramukaan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat serta metode pengawasan dan pemberian sanksi. Ketiga, Faktor-faktor yang mengambat internalisasi karakter pada peserta didik dalam kegiatan pramuka di MIN 2 Pontianak yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal yaitu sakit, faktor psikologis (pendiam, penyedih, kurang suka bergaul, minder dan malas mengikuti kegiatan pramuka. Faktor eksternal adalah lingkungan keluarga yang kurang mendukung serta terpengaruh dengan ajakan teman. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Internalisasi Nilai-Nilai Karakter en_US
dc.subject Pramuka en_US
dc.title INTERNALISASI NILAI - NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN PRAMUKA PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account