PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERCERITA MELALUI SISTEM DARING PADA SISWA KELAS IV DI MIS Al-MUSTAQIM SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Permatasari, Linda
dc.date.accessioned 2023-10-30T01:27:40Z
dc.date.available 2023-10-30T01:27:40Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4178
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri dengan metode bercerita. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan anak bercerita dalam pembelajaran tematik melalui sistem daring pada siswa kelas eksperimen dan kontrol di MIS Al-Mustaqim. 3) Untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan media Gambar Berseri dengan metode bercerita dalam pembelajaran tematik terhadap kemampuan anak bercerita melalui sistem daring pada siswa kelas IV di MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Alat pengumpul data yang digunakan berupa Lembar observasi, pengukuran, alat yang digunakan untik meneliti siswa, berbentuk handphone untuk dokumentasi kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Mustaqim Sungai Raya, video, lembar observasi, foto dan dokumen lain yang diperlukan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penggunaa Media Gambar Berseri indikatornya telah berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang dirumuskan di RPP. 2) Kemampuan Bercerita siswa dikelas eksperimen pre-test sebesar 0,120, Post-test 0,121. Pre-test di kelas kontrol sebesar 0,179 sedangkan post-testnya sebesar 0,100. Setelah itu menggunakan paired sample test hasil dari bercerita pretest di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh uji-t sig. (2-tailed) adalah 0,05 < 0,05 yang terdiri dari 42 peserta didik, maka hasil dari bercerita peserta didik pretest dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan sebelum menggunakan media gambar berseri. untuk mengetahui 3) Pengaruh Penggunaan Media gambar berseri selisih jumlah kenaikan skor antara pretest-posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perhitungan uji mann whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,17< 0,05, maka Ha diterima Ho ditolak atau dengan kata lain terdapat perbedaan dari nilai pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai di kelas eksperimen dan kelas kontrol yang artinya ada pengaruh penggunaan media gambar berseri menggunakan metode bercerita di MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Anak Bercerita en_US
dc.subject Media Gambar Berseri en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERCERITA MELALUI SISTEM DARING PADA SISWA KELAS IV DI MIS Al-MUSTAQIM SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account