PENERAPAN MODEL JIGSAW DIBANTU DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 22 PONTIANAK BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Fitriyani, Fitriyani
dc.date.accessioned 2023-10-27T01:04:05Z
dc.date.available 2023-10-27T01:04:05Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4172
dc.description.abstract Penelitian Ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan bercerita peserta didik pada pembelajaan tematik muatan Bahasa Indonesia yang tampak pada saat proses belajar hanya beberapa peserta didik yang mampu melengkapi cerita dengan tepat serta mampu bercerita di depan kelas dengan lancar, dan lebih dari setengah jumlah peserta didik belum mampu bercerita dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran Jigsaw dibantu denganan media puzzle pada peserta didik kelas III SD Negeri 22 Pontianak Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus masalah, subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas III di SD Negeri 22 Pontianak Barat yang berjumlah 26 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman penilaian tes dan dokumantasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan pada analisis data yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa: 1) kemampuan bercerita peserta didik sebelum diterapkan model Jigsaw dibantu denganan media Puzzle memperoleh nilai rata-rata 58 dengan persentase sebesar 31% peserta didik telah tuntas dan 69% peserta didik tidak tuntas; 2) adapun kemampuan bercerita peserta didik setelah diterapkan model Jigsaw dibantu denganan media Puzzle pada siklus I diperolah nilai rata-rata 66,30 dengan persentase sebesar 54% peserta didik mencapai nilai tuntas. sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,30 dengan persentase 85% peserta didik yang telah mencapai nilai ketuntasan, dan 4) terjadi peningkatan persentase rata-rata keseluruhan peserta didik pada pra tindakan sebesar 58 meningkat pada siklus I menjadi 60,30 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,30. peningkatan kemampuan bercerita peserta didik yang telah tuntas pada pra tindakan sebesar 31% meningkat menjadi 54% pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 85%. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Jigsaw dibantu denganan media Puzzle dapat meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik dan pembelajaran menjadi lebih efektif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Jigsaw en_US
dc.subject Media Puzzle en_US
dc.subject Kemampuan Bercerita en_US
dc.title PENERAPAN MODEL JIGSAW DIBANTU DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 22 PONTIANAK BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account