Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik
kelas III Bawari dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, peneliti menggunakan
media komik sebagai sarana untuk menguji minat belajar peserta didik.
Berdasarkan dengan masalah tersebut, peneliti menawarkan penyelesaian masalah
penelitian dengan judul yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan
Media Komik Terhadap Minat Belajar Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 6 Kelas
III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan bentuk rancangan
penelitian one group pretest-postest. Dalam penelitian ini terdapat satu kelompok
saja sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Alat
pengumpulan data menggunakan lembar angket, lembar observasi dan
dokumentasi dan analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, uji
N-gain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan media komik oleh
guru dalam pembelajaran tema 7 subtema 4 pembelajaran 6 terhadap minat
belajar di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak disesuaikan
dengan prosedur pelaksanaan dengan persentase 100% dengan kategori sangat
baik, 2) Minat belajar peserta didik pada postest diperoleh nilai rata-rata sebesar
91 lebih tinggi dibandingkan pada saat pretest dengan rata-rata sebesar 69. Data
tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara minat belajar setelah
diberikan perlakuan menggunakan media komik dengan sebelum diberikan
perlakuan, 3) Terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap minat belajar
data menunjukkan dari bahwa Hₐ diterima dan H₀ ditolak,4) Besarnya pengaruh
penggunaan media komik terhadap minat belajar dapat di lihat dari uji N-gain
dengan nilai sebesar 0,71 dengan kategori tinggi.