UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI PERHITUNGAN PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BANTUAN MEDIA CONGKLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS II MIN I SEKADAU HILIR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Dahlia, Dahlia
dc.date.accessioned 2023-10-26T08:16:06Z
dc.date.available 2023-10-26T08:16:06Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4166
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Hasil operasi hitung perkalian bilangan cacah peserta didik kelas II sebelum diterapkan Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) bantuan media congklak; 2) penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) bantuan media congklak untuk meningkatakan hasil belajar operasi hitung perkalian bilangan cacah pada peserta didik kelas II; 3) Hasil belajar operasi hitung perkalian peserta didik kelas II setelah diterapkan model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) bantuan media congklak; 4) Peningkatan hasil belajar operasi perhitungan perkalian peserta didik kelas II MIN I Sekadau. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), model penelitian yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi,lembar tes, dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Sebelum Diterapkan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) hasil belajar peserta didik yang tuntas hanya 20,6% dan persentase tidak tuntas sebesar 79,4%; 2) penerapan model pembelajaran teams games tournament (tgt) bantuan media congklak sudah dilaksanakan dengan baik. Guru melaksanakan pembelajaran materi operasi perhitungan perkalian bilangan cacah menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) bantuan media congklak berdasarkan rpp yang sebelumnya dibuat dan menggunakan media congklak sesuai langkah-langkah pengerjaan untuk menyelesaikan soal materi operasi perhitungan perkalian bilangan cacah dengan baik; 3) Hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) mengalami hasil yang cukup baik namun kurang mencapai nilai ketuntasan presentase di siklus I dengan pencapaian rata-rata 64,7. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai 91,7 dengan kategori sangat baik; 4) Terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), hal ini dapat dilihat dari hasil belajar persentase ratarata pada siklus I (67,70%) meningkat menjadi (91,76%) pada siklus II. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) bantuan media congklak pada siklus I dan siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) en_US
dc.subject Media Congklak en_US
dc.title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI PERHITUNGAN PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BANTUAN MEDIA CONGKLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS II MIN I SEKADAU HILIR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account