MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS IV SDN 08 PONTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author Ritonga, Winda Milawaty
dc.date.accessioned 2023-09-25T03:02:55Z
dc.date.available 2023-09-25T03:02:55Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3762
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan komunikasi matematis pada materi bilangan pecahan sebelum dilaksanakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 08 Pontianak Selatan; 2) Pelaksanaan model Problem Based Learning pada materi bilangan pecahan di kelas IV SDN 08 Pontianak Selatan; 3) Kemampuan komunikasi matematis pada materi bilangan pecahan setelah dilaksanakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 08 Pontianak Selatan. Jenis penelitian ini adalah adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 08 Pontianak Selatan dengan sumber datanya adalah peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan observasi. Alat yang digunakan adalah tes dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa: 1) Kemampuan komunikasi matematis pada materi bilangan pecahan sebelum dilaksanakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 08 Pontianak Selatan, ditemukan bahwa nilai rata-rata sebesar 60,17 dengan persentase peserta didik yang tuntas sebesar 33,33%. 2) Pelaksanaan model Problem Based Learning pada materi bilangan pecahan di kelas IV SDN 08 Pontianak Selatan, telah berhasil dilaksanakan, ditemukan bahwa persentase pelaksanaan model Problem Based Learning siklus I sebesar 82,14% serta pada siklus II sebesar 89,29%. 3) Kemampuan komunikasi matematis pada materi bilangan pecahan setelah dilaksanakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 08 Pontianak Selatan, ditemukan bahwa nilai ratarata pada siklus I sebesar 70,56 dengan persentase peserta didik yang tuntas sebesar 66,67%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 79,28 dengan persentase peserta didik yang tuntas sebesar 76,67%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis setelah penggunaan model Problem Based Learning. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Komunikasi Matematis en_US
dc.subject Bilangan Pecahan en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS IV SDN 08 PONTIANAK SELATAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account