Abstract:
Tujuan penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana kemampuan membaca
permulaan sebelum digunakannya flashcard dalam pembelajaran tematik tema 1
di kelas 2B MIN 2 kubu raya tahun pelajaran 2022/2023. 2) Bagaimana
kemampuan membaca permulaan setelah digunakannya media flashcard dalam
pembelajaran tematik tema 1 di kelas 2B MIN 2 kubu rayatahun pelajaran
2022/2023. 3) Bagaimana peningkatan dalam penggunaan flashcard untuk
meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik dalam pembelajaran
tematik tema 1 di kelas 2B MIN 2 kubu raya tahun pelajaran 2022/2023.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Reasech (CAR).
Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 2B MIN 2 Kubu Raya yang
berjumlah 25 peserta didik dan sumber dari penelitian ini adalah Ibu Zuaria,
S.Pd.I. Instrumen dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, tes dan
dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman
wawancara, pedoman observasi, soal tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini disimpulan sebagai berikut: 1) Siklus I diperoleh ratarata kemampuan membaca peserta didik adalah 64,04 dari 25 peserta didik dan
presentase peserta didik yang tuntas adalah 24% sebanyak 6 peserta didik yang
tuntas dengan kategori cukup lancar. 2) Siklus II diperoleh rata-rata kemampuan
membaca peserta didik adalah 85,84 dari 25 peserta didik dan presentase peserta
didik yang tuntas adalah 96% sebanyak 24 peserta didik tuntas dengan kategori
sangat lancar. 3) Pada siklus I dan siklus II menunjukan peningkatan yang cukup
baik dengan presentasi 24% dan pada siklus II menunjukan peningkatan yang
sangat signifikan dengan presentasi 96%. Dan hasil yang diperoleh diatas pada
siklus I dan siklus II maka menunjukan ada peningkatan terhadap nilai peserta
didik yangmana yang memperoleh nilai diatas 75 meningkat dari siklus I ke siklus
II.