PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK KELAS III MIS AL-MUSTAQIM SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.author Hatika, Hatika
dc.date.accessioned 2023-09-20T10:56:03Z
dc.date.available 2023-09-20T10:56:03Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3734
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bercerita peserta didik kelas III MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Maka, diterapkan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division Berbantuan media Komik terhadap kemampuan bercerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Kemampuan bercerita peserta didik sebelum menggunakan model Student Teams Achievement Division berbantuan media komik. 2) Kemampuan bercerita peserta didik sesudah menggunakan model Student Teams Achievement Division berbantuan media komik. 3) Pengaruh penggunaan model Student Teams Achievement Division berbantuan media komik terhadap kemampuan bercerita peserta didik sesudah menggunakan media pembelajaran komik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen one group pretest-posttest design. Teknik dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes (performance assessment), dan kamera. Hasil penelitian yaitu: 1) Kemampuan bercerita peserta didik sebelum menggunakan model Student Teams Achievement Division berbantuan media komik nilai rata-rata pre-test adalah 62,50. Pada nilai minimum 50,75 dan skor maxsimum 77,00. Maka rentang (range) = 77,00-50,75 = 26,25. 2) Kemampuan bercerita peserta didik sesudah menggunakan model Student Teams Achievement Division berbantuan media komik Nilai rata-rata posttest adalah 78,13. Pada nilai minimum 66,75 dan skor maxsimum 83,75. Maka rentang (range) = 83,75-66,75 = 17,00. 3) Pengaruh penggunaan model Student Teams Achievement Division berbantuan media komik terhadap kemampuan bercerita peserta didik sesudah menggunakan media pembelajaran komik nilai rata-rata post-test adalah 78,13. Pada nilai minimum 66,75 dan skor maxsimum 83,75. Maka rentang (range) = 83,75 - 66,75 = 17,00. Kesimpulan penelitian ini uji hipotesis terdapat nilai (sig) yang didapatkan sebesar 0,000 yang berarti nilai (sig) < 0,05 bahwa perbedaan ratarata antara sampel penelitian, hal ini menunjukkan perbedaan antara hasil pretest dan post-test yang artinya bahwa terdapat pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat atau Hₐ diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Student Team Achievement Division en_US
dc.subject Komik en_US
dc.subject Kemampuan Bercerita en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK KELAS III MIS AL-MUSTAQIM SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account