PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERBANTUAN MEDIA KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 01 SUHAID KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Wahyuni, Fadilla
dc.date.accessioned 2023-09-20T10:25:31Z
dc.date.available 2023-09-20T10:25:31Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3732
dc.description.abstract Berdasarkan observasi sementara yang peneliti lakukan di SDN 01 Nanga Suhaid, kegiatan pembelajaran di SDN 01 Nanga Suhaid masih menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran, sehingga aktivitas belajar peserta didik masih kurang aktif. Kemudian peneliti mencoba menggunakan metode yang berkaitan dengan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik adalah Strategi Jigsaw Berbantuan Media Kartu Uno. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas belajar pembelajaran tematik sebelum penerapan strategi Jigsaw berbantuan media Kartu Uno di kelas V SDN 01 Nanga Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. (2) penerapan strategi Jigsaw berbantuan media Kartu Uno di kelas V SDN 01 Nanga Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. (3) aktivitas belajar pembelajaran tematik pada saat penerapan strategi Jigsaw berbantuan media Kartu Uno di kelas V SDN 01 Nanga Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. (4) apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik pembelajaran tematik sebelum dan pada saat penerapan strategi Jigsaw berbantuan media Kartu Uno di kelas V SDN 01 Nanga Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Untuk mencapai tujuan diatas, jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan strategi pembelajaran Jigsaw bebabantuan media Kartu Uno, Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 01 Nanga Suhaid, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian strategi Jigsaw berbantuan media Kartu Uno bisa meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V di SDN 01 Nanga Suhaid. Hal ini dibuktikan pada pra siklus , aktivitas belajar peserta didik memperoleh total skor sebanyak 208 dengan total persentase 37,25% dan dikategorikan Sangat Kurang (SK). Pada saat siklus I dilaksanakan, peneliti memperoleh hasil total skor aktivitas belajar peserta didik sebanyak 368 dengan total persentase 65,75% dengan dikategori Cukup (C). Lalu pada siklus II dilaksanakan, peneliti memperoleh skor aktivitas belajar sebanyak 502 dengan total persentase 89,75% dan dikategorikan Sangat Aktif (SA). Berdasarkan perolehan data persentase, aktivitas belajar peserta didik kelas V SDN 01 Nanga Suhaid naik sebesarr 51,50% dari kondisi sebelum penerapan sampai kondisi siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Jigsaw en_US
dc.subject Media Pembelajaran Kartu Uno en_US
dc.subject Aktivitas Belajar Pembelajaran Tematik en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERBANTUAN MEDIA KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 01 SUHAID KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account