PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMA 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS I MIS NU II PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Tasari, Yupiyana
dc.date.accessioned 2023-08-07T04:10:22Z
dc.date.available 2023-08-07T04:10:22Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3502
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:1) Kemampuan membaca peserta didik Sebelum diterapkan Metode Struktural Analitik Sinetik (SAS) berbantuan media gambar dalam pembelajaran Tematik. 2) langkah-langkah penerapan metode Struktural Analitik Sinetik (SAS) berbantuan media gambar dalam pembelajaran Tematik. 3)Kemampuan membaca peserta didik Sesudah diterapkan Metode Struktural Analitik Sinetik (SAS) berbantuan media gambar dalam pembelajaran Tematik. 4) Kemampuan membaca peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan Metode Struktural Analitik Sinetik (SAS) berbantuan media gambar dalam pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku kelas I. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah MIS NU II Pontianak. Analisis data menggunakan persentase dan indikator keberhasilan. Hasil penelitian ini:1) Kemampuan membaca peserta didik sebelum diterapkan metode SAS berbantuan media gambar menunjukkan bahwa tahap pra tindakan kemampuan membaca peserta didik masih tergolong rendah. Peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM berjumlah 13 orang (59%) , sedangkan peserta didik yang nilainya sudah mencapai KKM sebanyak 9 orang (41%) .2) Langkah-langkah penerapan metode SAS berbantuan media gambar pada pembelajaran tematik tema 3 kegiatanku kelas I di MIS NU II Pontianak sudah dilaksanakan sesuai dengan langkahlangkah penggunaan metode SAS berbantuan media gambar. Hal ini ditunjukkan pada siklus I sebesar 86,6% dan siklus II sebesar 93,3%. 3) Kemampuan membaca peserta didik setelah diterapkan metode SAS berbantuan media gambar pada siklus I adalah 68% atau 13 orang peserta didik yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 71,3. Dan pada siklus II adalah 91% atau 20 orang peserta didik yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 80. 4) Terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca peserta didik setelah menggunakan metode SAS berbantuan media gambar pada pembelajaran tematik tema 3 kegiatanku di kelas I. 5) Dalam penelitian ini ada tahap pelaksanaan yaitu pada pembelajaran prasiklus dari 22 orang peserta didik yang mencapai KKM hanya 9 orang peserta didik dengan nilai rata-rata 62.5 dan persentase 41% dan pada siklus I peserta didik yang mencapai KKM meningkat menjadi 13 orang peserta didik dengan nilai rata-rata 71,3 dan persentase 68% dan pada siklus II sebanyak 20 orang peserta didik en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) en_US
dc.subject media gambar en_US
dc.subject membaca permulaan en_US
dc.title PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMA 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS I MIS NU II PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account