PENERAPAN STRATEGI CLASS CONCERN BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 10 PERASAK KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.author Hermiyanti, Yeyen
dc.date.accessioned 2023-08-07T03:41:15Z
dc.date.available 2023-08-07T03:41:15Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3501
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik di kelas IV SDN 10 Perasak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Aktivitas belajar pembelajaran tematik sebelum penerapan strategi Class Concern berbantuann media Teka-Teki Silang (TTS) di kelas IV, (2) Penerapan strategi Class Concern berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS) di kelas IV, (3) Aktivitas belajar pembelajaran tematik pada saat penerapan strategi Class Concern berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS) di kelas IV, (4) Peningkatan antara aktivitas belajar pembelajaran tematik sebelum dengan pada saat penerapan strategi Class Concern berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS) di kelas IV. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan strategi pembelajaran Class Concern. Terdapat empat tahap-tahap penelitian yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian strategi Class Concern berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS) bisa meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IV di SDN 10 Perasak Kabupaten Sambas. Hal ini dibuktikan pada pra siklus , aktivitas belajar peserta didik memperoleh total skor sebanyak 255 dengan total persentase 40,05% dan dikategorikan Sangat Kurang (SK). Pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas IV SDN 10 Perasak dengan menggunakan strategi Class Concern memiliki kekurangan pada saat siklus I dilakukan yaitu guru sebagai pengajar tidak melaksanakan semua langkah penerapan yang telah dibuat oleh peneliti yang menyebabkan hasil aktivitas belajar pada siklus I kurang maksimal. Kekurangan tersebut dapat diperbaiki pada siklus II yang mana guru sebagai pengajar melaksanakan semua langkah penerapan yang telah dibuat. Pada saat siklus I dilaksanakan, peneliti memperoleh hasil total skor aktivitas belajar peserta didik sebanyak 407 dengan total persentase 65,00% dengan dikategori Baik (B). Lalu pada siklus II dilaksanakan, peneliti memperoleh skor aktivitas belajar sebanyak 503 dengan total persentase 80,05% dan dikategorikan Sangat Baik (SB). Dari perolehan data tersebut diketahui bahwa aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkan strategi Class Concern berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS). Berdasarkan perolehan data persentase, aktivitas belajar peserta didik kelas IV SDN 10 Perasak naik sebesarr 40,00% dari kondisi awal aktivitas belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Class Concern en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Teka-Teki Silang en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Tematik en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI CLASS CONCERN BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 10 PERASAK KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account