PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Sopiani, Sopiani
dc.date.accessioned 2023-08-07T01:22:19Z
dc.date.available 2023-08-07T01:22:19Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3495
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai: 1) Hasil belajar materi ekosistem pada siklus I menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri 06 Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023; 2) Langkah-langkah pembelajaran model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri 06 Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023; 3) Hasil belajar materi ekosistem pada siklus II menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri 06 Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023; 4) Seberapa besar hasil belajar materi ekosistem menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri 06 Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SD Negeri 06 Pontianak Timur dengan sumber data adalah peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, tes berupa butir soal pilihan ganda dan mechanical device berupa hp. Analisis data berupa analisis persentase. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar materi ekosistem menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri 06 Pontianak tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus I adalah 46,42% peserta didik yang mencapai ketuntasan; 2) Langkah-langkah pembelajaran dari model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri 06 Pontianak tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus I terlaksana sebesar 95,83% dan pada siklus II terlaksana sebesar 100%; 3) Hasil belajar materi ekosistem menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri 06 Pontianak tahun pelajaran 2022/2023 pada siklus II adalah 75% peserta didik yang mencapai ketuntasan; 4) Peningkatan hasil belajar materi ekosistem menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri 06 Pontianak tahun pelajaran 2022/2023 dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 28,58%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Team Games Tournament en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account