PENERAPAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS BERBANTUAN PERMAIANAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 NANGA SUHAID TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Sukma, Rahmanita
dc.date.accessioned 2023-08-04T04:11:39Z
dc.date.available 2023-08-04T04:11:39Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3490
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: 1) Aktivitas belajar peserta didik tema 5 sebelum diterapkan strategi practice rehearsal pairs berbantuan permainan ular tangga di kelas III; 2) Penerapan strategi practice rehearsal pairs berbantuan permainan ular tangga untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik tema 5 di kelas III; 3) Aktivitas belajar peserta didik tema 5 pada saat diterapkan strategi practice rehearsal pairs berbantuan permainan ular tangga di kelas III; 4) Peningkatan aktivitas belajar peserta didik tema 5 sebelum dan saat diterapkan strategi practice rehearsal pairs berbantuan permainan ular tangga di kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Sumber datanya adalah peserta didik kelas III SDN 01 Nanga Suhaid. Alatpengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas belajar dan hasil dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa: 1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi practice rehearsal pairs berbantuan media permainan ular tangga sebesar 1,552 setara 38,80% dengan kategori aktivitas belajar rendah; 2) Penerapan strategi practice rehearsal pairs berbantuan media permainan ular tangga telah terlaksana 100% dengan kategori sangat baik; 3) Aktivitas belajar peserta didik sesudah diterapkan strategi practice rehearsal pairs berbantuan media permainan ular tangga pada siklus I sebesar 2,312 setara 57,80% dengan kategori aktivitas belajar cukup dan pada siklus II aktivitas belajar peserta didik sebesar 3,208 setara 80,20% dengan kategori aktivitas belajar tinggi; 4) Aktivitas belajar peserta didik dari hasil analisis sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu dari pratindakan ke siklus I sebanyak 19% dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 22,40% dengan total peningkatan sebanyak 41,40%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penggunaan strategi practice rehearsal pairs berbantuan media permainan ular tangga pada aktivitas belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Practice Rehearsal Pairs en_US
dc.subject Permainan Ular Tangga en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS BERBANTUAN PERMAIANAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 NANGA SUHAID TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account