PENGGUNAAN STRATEGI CHALK AND TALK BERBANTU MEDIA TABEL KONVERSI SATUAN PANJANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK KELAS V SDN 08 SEBINDANG KABUPATEN KAPUAS HULU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Fitriyanti, Fitriyanti
dc.date.accessioned 2023-08-03T01:38:07Z
dc.date.available 2023-08-03T01:38:07Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3475
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memaparkan: (1) Kemampuan iberhitung ipeserta ididik ipada imata pelajaran imatematika ikelas V sebelum imenggunakan istrategi ichalk iand italk iberbantu imedia itabel konversi isatuan ipanjang. (2) Langkah-langkah ipenggunaan istrategi ichalk and italk iberbantu imedia itabel ikonversi isatuan ipanjang ipada imata pelajaran imatematika ikelas V. (3) Kemampuan iberhitung ipeserta ididik pada imata ipelajaran imatematika ikelas V sesudah imenggunakan istrategi chalk iand italk iberbantu imedia itabel ikonversi isatuan ipanjang. (4) Peningkatan ikemampuan imenghitung ipeserta ididik ipada imata ipelajaran matematika ikelas iV isebelum idan isetelah idigunakan i istrategi ichalk iand talk iberbantu imedia itabel ikonversi isatuan ipanjang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan II siklus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, Tes serta dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 08 Sebindang yang berjumlah 34 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) Hasil Observasi pra siklus didapatkan data pada nilai rata-rata kemempuan berhitung peserta didik sebesar 60,88 dan 29% (10 peserta didik) dikategorikan tuntas; (2) Langkah-langkah penerapannya dilaksanakan sesuai dengan yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan prosedur pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan menggunakan media pembelajaran tabel konversi satuan panjang. (3) Berdasarkan hasil dari siklus I didapatkan data pada kemempuan berhitung peserta didik dengan rata-rata sebesar 78,82 dan 71% (24 peserta didik) yang dikategorikan tuntas. Sedangkan pada siklus II didapatkan data pada kemempuan berhitung peserta didik dengan rata-rata sebesar 91,76 dan 97% (33 peserta didik) yang dikategorikan tuntas, dan (4) Terjadi peningkatan persentase Rata-rata pada pra siklus sebesar 60,88 meningkat menjadi 78,82 pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 91,76 pada siklus II. Peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas pada kemampuan berhitung pra siklus sebesar 29% meningkat menjadi 71% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 97% pada siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Chalk and Talk en_US
dc.subject Tabel Konversi Satuan Panjang en_US
dc.subject kemampuan berhitung en_US
dc.title PENGGUNAAN STRATEGI CHALK AND TALK BERBANTU MEDIA TABEL KONVERSI SATUAN PANJANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK KELAS V SDN 08 SEBINDANG KABUPATEN KAPUAS HULU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account