PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA TEMA 2 DI KELAS III SD NEGERI 22 PONTIANAK BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Kartini, Dewi
dc.date.accessioned 2023-07-28T01:18:25Z
dc.date.available 2023-07-28T01:18:25Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3467
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan tentang: 1) keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran tematik Tema 2 kelas III SD Negeri 22 Pontianak Barat sebelum diterapkannya Metode pembelajaran Role Playing; 2) penerapan metode pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran tematik Tema 2 di kelas III SD Negeri 22 Pontianak Barat; 3) keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran tematik Tema 2 kelas III SD Negeri 22 Pontianak Barat sesudah diterapkannya metode pembelajaran Role Playing; 4) peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran tematik Tema 2 kelas III SD Negeri 22 Pontianak Barat sesudah diterapkannya metode pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif desain Pretest-Posttest Control Group Design. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri 22 Pontianak Barat dengan sumber datanya adalah peserta didik kelas III pada kelas kontrol 22 orang dengan 14 laki-laki dan 8 orang perempuan dan peserta didik pada kelas tindakan 22 orang dengan 16 laklaki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik pengukuran, studi documenter sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan electronical device. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis pengaruh. Hasil penelitian ini adalah keterampilan berbicara peserta didik dari analisis hasil berpasangan dapat dilihat bahwa kelas kontrol siklus I peningkatannya signifikan sebesar 14,6 dan siklus II juga signifikan sebesar 13,2. Untuk kelas tindakan siklus I peningkatannya signifikan sebesar 17,5 dan siklus II juga signifikan sebesar 15,6 dari selisih pretest dan posttest. Setelah dianalisis dengan analisis uji sampel bebas dapat dilihat peningkatan di kelas tindakan signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Selisih kelas tindakan-kontrol pada siklus I pretest sebesar 5 (signifikan) dan posttest sebesar 7,8 (signifikan) dan pada siklus II pretest sebesar 4,6 (signifikan) dan posttest sebesar 7 (signifikan). Dengan demikian dari 2 siklus ini peningkatan lebih baik/lebih tinggi pada kelas tindakan dibandingkan dengan kelas kontrol. Sama-sama mengalami peningkatan tetapi kelas tindakan jauh lebih tinggi peningkatannya. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan metode role playing pada keterampilan berbicara peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Role Playing en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA TEMA 2 DI KELAS III SD NEGERI 22 PONTIANAK BARAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account