PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 2 SUBTEMA 1 PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIS RIYADHUL ULUM SUNGAI BAKAU BESAR DARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Oktaviani, Wira Abdi
dc.date.accessioned 2023-07-07T00:56:02Z
dc.date.available 2023-07-07T00:56:02Z
dc.date.issued 2022-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3346
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: 1) Hasil belajar IPA Tema 2 Subtema 1 sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan Media Gambar pada peserta didik kelas IV; 2) Penggunaan model discovery learning berbantuan media gambar; 3) Hasil belajar IPA Tema 2 Subtema 1 sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar; 4) Peningkatan hasil belajar IPA Tema 2 subtema 1 setelah menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif desain Pretest-Posttest Control Groub Design. Lokasi penelitian ini bertempat di MIS Riyadhul Ulum Sungai Bakau Besar Darat dengan sumber datanya adalah peserta didik kelas IV. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan elektronical device. Teknik analisis data yang dilakukan mencangkup analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis pengaruh. Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar pada siklus I kelas kontrol 47,5 siklus II sebesar 54. Pada kelas tindakan siklus I 60 siklus II 73; 2) Penerapan model discovery learning berbantuan media gambar telah terlaksana 100%; 3) Hasil belajar sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar pada kelas tindakan siklus I 70,5 siklus II 85; 4) Hasil belajar peserta didik dari hasil analisis berpasangan dapat dilihat bahwa kelas kontrol siklus I peningkatannya signifikan sebesar 6 dan siklus II juga signifikan sebesar 5. Untuk kelas tindakan siklus I peningkatannya signifikan sebesar 10,5 siklus II juga signifikan sebesar 12 dari selisih pretest ke posttes.Setelah dianalisis dengan analisis uji t sampel bebas dapat dilihat peningkatan signifikannya dari selisih kelas tindakan-kontrol pada siklus I pretest sebesar 12,5 signifikan dan posttest siklus I sebesar 17 signifikan dan pada siklus II pretest nya sebesar 19 signifikan dan posttest nya sebesar 26 signifikan. Dengan demikian dari 2 siklus ini peningkatan dari 2 siklus lebih baik/lebih tinggi kelas tindakan dibanding kelas kontrol. Sama-sama mengalami peningkatan tetapi kelas tindakan jauh lebih tinggi peningkatannya. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penggunaan model discovery learning berbantuan media gambar pada hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Discovery Learning en_US
dc.subject Media Gambar en_US
dc.subject Hasil Belajar IPA en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 2 SUBTEMA 1 PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIS RIYADHUL ULUM SUNGAI BAKAU BESAR DARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account