PENGARUH METODE MENDONGENG BERBANTUAN MEDIA BONEKA JARI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 3 MIS SIRATUL JANNAH TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Putri, Vella Anggela Oktaviani
dc.date.accessioned 2023-07-06T08:37:54Z
dc.date.available 2023-07-06T08:37:54Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3344
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Siratul Jannah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) memaparkan keterampilan berbicara sebelum menggunakan metode mendongeng berbantuan media boneka jari, 2) memaparkan keterampilan berbicara setelah menggunakan metode mendongeng berbantuan media boneka jari, dan 3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh setelah menggunakan metode mendongeng berbantuan media boneka jari untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pra-Eksperimental One-Group Pretest-Posttest Design. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Siratul Jannah Kubu Raya dengan sumber data yaitu peserta didik kelas 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, teknik observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data lembar tes pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan berbicara siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Swasta Siratul Jannah sebelum menggunakan metode mendongeng berbantuan media boneka jari sebesar 63. Siswa tuntas mencapai nilai KKM ≥ 63 sebanyak 10 siswa atau 54% sedangkan siswa yang mencapai nilai KKM ≤63 sebanyak 12 siswa atau 45%. 2) Keterampilan berbicara siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Swasta Siratul Jannah sesudah menggunakan metode mendongeng berbantuan media boneka jari sebesar 80. Siswa yang tuntas mencapai nilai KKM ≥ 63 sebanyak 19 siswa atau 86% sedangkan siswa yang mendapat nilai KKM ≤63 sebanyak 3 siswa atau 13%. 3) Terdapat pengaruh setelah menggunakan metode mendongeng berbantuan media boneka jari untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sebesar 95% setelah menyelesaikan soal pre-test dan pos-test. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Mendongeng en_US
dc.subject Boneka Jari en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.title PENGARUH METODE MENDONGENG BERBANTUAN MEDIA BONEKA JARI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 3 MIS SIRATUL JANNAH TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account