Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti untuk menggunakan
media yang efektif dan efisien sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat belajar
peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPS di MIS Raudhatul Ulum IV Kecamatan
Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk
mendeskripsikan: 1) minat belajar peserta didik kelas IV sebelum menggunakan media
gambar pada mata pelajaran IPS di MIS Raudhatul Ulum IV Kabupaten Kubu Raya
Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan minat belajar peserta didik
kelas IV sesudah menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS di MIS
Raudhatul Ulum IV Kecamatan Sungai Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran
2021/2022. 3) Untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan minat belajar
peserta didik kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media gambar di MIS
Raudhatul Ulum IV.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action
Research). Penelitian ini dilakukan di kelas IV MIS Raudhatul Ulum IV Kecamatan
Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas IV yang berjumlah 22 orang peserta didik dengan perincian 10 orang peserta
didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan. Tekhnik dan alat pengumpulan
data yang digunakan adalah tekhik observasi, tekhnik wawancara, dan angket atau
kuisioner.
Berdasakan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Minat
belajar peserta didik kelas IV sebelum menggunakan media gambar pada mata
pelajaran IPS masih sangat rendah dapat diketahui dari jumlah keseluruhan peserta
didik kelas IV yang berjumlah 22 orang, hanya 5 atau 22% orang peserta didik saja
yang berminat dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran IPS. (2)Setelah
menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPS minat belajar peserta didik
menjadi sangat meningkat, dimana secara keseluruhan mereka berminat mengikuti
pembelajaran.