PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI GAYA DI KELAS IV SDIT AL MADINAH PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author LT, Nadiya Winanda
dc.date.accessioned 2023-07-06T02:22:42Z
dc.date.available 2023-07-06T02:22:42Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3330
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: 1) Prestasi belajar peserta didik sebelum menggunakan model discovery learning; 2) Penerapan model discovery learning; 3) Prestasi belajar peserta didik pada materi gaya setelah menggunakan model discovery learning; 4) peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi gaya di kelas IV SDIT Al Madinah Pontianak Kota tahun pelajaran 2021/2022 setelah menggunakan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember tahun 2021 sampai dengan bulan Oktober tahun 2022 di SDIT Al-Madinah Pontianak kota. Sumber data dalam penelitian ini dari hasil pengamatan model discovery learning, prestasi belajar yang diperoleh peserta didik dan data-data sekolah yang diperoleh dari tata usaha. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan kamera digital. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis perbandingan. Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa: 1) prestasi belajar peserta didik sebelum menggunakan model discovery learning pada siklus I kelas kontrol sebesar 55,57 dan kelas tindakan sebesar 62,17. Sedangkan pada siklus II nilai pretest pada kelas kontrol sebesar 58,43 dan kelas tindakan 76,27; 2) Penerapan model discovery learning telah terlaksana 100%; 3) prestasi belajar peserta didik setelah menggunakan model discovery learning pada siklus I kelas tindakan sebesar 76,47 dan siklus II sebesar 88,40; 4) Peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi gaya berdasarkan analisis berpasangan pada kelas kontrol siklus I peningkatannya signifikan sebesar 6,16 dan siklus II signifikan sebesar 6,87, untuk kelas tindakan siklus I peningkatannya signifikan sebesar 14,3 dan siklus II signifikan sebesar 12,13. Sedangkan hasil analisis Mann-Whitney U Test sampel bebas dapat dilihat selisih kelas tindakan-kontrol pada siklus I pretest signifikan sebesar 6,6 dan posttest signifikan sebesar 14,74 dan pada siklus II nilai pretest signifikan sebesar 17,84 dan posttest signifikan sebesar 23,1. Dengan demikian peningkatan yang terdapat dari 2 siklus ini lebih baik/lebih tinggi peningkatannya pada kelas tindakan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan model discovery learning pada prestasi belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Discovery Learning en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Materi Gaya en_US
dc.title PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI GAYA DI KELAS IV SDIT AL MADINAH PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account