PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V TEMA V SUB TEMA II DI SDN 24 PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Nuraini, Isti
dc.date.accessioned 2023-07-04T01:54:15Z
dc.date.available 2023-07-04T01:54:15Z
dc.date.issued 2022-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3292
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik dalam pelajaran tematik materi rantai makanan, sehingga perlu adanya perbaikan pada minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) minat belajar peserta didik sebelum menggunakan media video mind mapping kelas V tema V sub tema II di SDN 24 Pontianak Timur 2) minat belajar peserta didik setelah menggunakan media video mind mapping kelas V tema V sub tema II di SDN 24 Pontianak Timur 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media video mind mapping terhadap minat belajar peserta didik kelas V tema V sub tema II di SDN 24 Pontianak Timur. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang dipilih Pre-Experimental Design dengan design one group-pretest-posttest. Pada design ini, menggunakan satu kelompok kelas yaitu kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 37 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non Probability Sampling dan jenis sampling total. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Validitas instrument dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrument menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis data inferensial. Uji normalitas menggunakan rumus one-sample kolmogorov-smirnov test dan uji hipotesis menggunakan rumus paired samples T-test. Berdasarkan hasil penelitian analisis data dapat disimpulkan: (1) sebelum menggunakan penerapan media video mind mapping terhadap minat belajar peserta didik penurunan minat belajar dalam bentuk presentase sebesar 13,53%.(2) sesudah menggunakan penerapan media video mind mapping terhadap minat belajar peserta didik. Peningkatan minat belajar dalam bentuk presentase sebesar 3,66%. 3) pengaruh yang signifikan pada penerapan media video mind mapping terhadap minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri 24 Pontianak Timur sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik memiliki antusias dalam belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Video Mind Mapping en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V TEMA V SUB TEMA II DI SDN 24 PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account