PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TUTORIAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRAKTIKKAN GERAKAN GULING DEPAN DAN BELAKANG DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 24 PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Hamega, Hamega
dc.date.accessioned 2023-07-04T01:01:05Z
dc.date.available 2023-07-04T01:01:05Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3289
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang berkaitan dengan kurangnya pemahaman materi yang membuat peserta didik belum mampu melakukan gerakan guling depan dan belakang. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi berbantuan video animasi tutorial oleh guru dalan pembelajaran terhadap kemampuan mempraktikkan gerakan guling depan dan belakang pada peserta didik kelas III di SD Negeri 24 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Post-test Only Control Group Design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang tidak di pilih secara acak. Pada kelompok kontrol tidak di beri perlakuan sedangkan kelompok eksperimen di beri perlakuan dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan video animasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode demonstrasi berbantuan video animasi tutorial terhadap kemampuan mempraktikkan gerakan guling depan dan belakang pada peserta didik kelas III di SD Negeri 24 Pontianak Timur disesuaikan dengan prosedur pelaksanaan dengan persentase 100% dengan kategori sangat baik, (2) Hasil kemampuan mempraktikkan gerakan guling depan dan belakang peserta didik kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 79. lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 67,95. Data tersebut menunjukkan adanya perbedaan antara hasil kemampuan mempraktikkan gerakan guling depan dan belakang kelas eksperimen yang di beri perlakuan menggunakan metode demonstrasi berbantuan video animasi dengan kelas kontrol yang tidak di beri perlakuan, (3) Besarnya pengaruh penggunaan metode demonstrasi berbantuan video animasi terhadap hasil kemampuan mempraktikkan gerakan guling depan dan belakang dapat di lihat dari uji regresi linier. Dimana nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 21,1% dengan kategori kecil yang jika dibandingkan dengan kriterianya independen terhadap variabel dependen yang dapat diterangkan. Sedangkan sisanya sebesar 78,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam regresi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Demonstrasi en_US
dc.subject Video Animasi Tutorial en_US
dc.subject Kemampuan Mempraktikkan Gerakan Guling Depan dan Belakang en_US
dc.title PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TUTORIAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRAKTIKKAN GERAKAN GULING DEPAN DAN BELAKANG DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 24 PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account