Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Penerapan media putaran
kanador pada materi Hak dan Kewajiban tema 4 subtema 1. (2) Hasil belajar
peserta didik pada materi Hak dan Kewajiban tema 4 subtema 1. (3) Pengaruh
yang signifikan media putaran kanador terhadap hasil belajar peserta didik pada
materi Hak dan Kewajiban tema 4 subtema 1 kelas III di MI Darut Tauhid Desa
Mekar Sari Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini termasuk penelitian penelitian kuantitatif, eksperimen atau preeksperimental design. karena belum merupakan eksperimen yang sungguhsungguh, karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap
bentuknya variabel independen. Jadi hasil eksperimen yang merupakan variabel
dependen itu semata-mata dipengaruhi oleh variabel independen. Hal ini dapat
terjadi , karena tidak adanya variabel kontrol dan sampel tidak dipilih rondom.
Desain penelitian ini menggunakan one-group pretesr-posttest yaitu penelitian
yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberikan
perlakuan. Dengan demikian dapat diketahui lebih akurat, karena dapat
membandingkan dengan diadakan sebelum diberi perlakuan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka
peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Penerapan media putaran kanador tergolong
sangat baik, artinya peneliti melaksanakan semua langkah-langkah dalam
pembelajaran pada materi hak dan kewajiban tema 4 subtema 1. (2) Hasil belajar
peserta didik sesudah diajarkan dengan penerapan media putaran kanador pada
materi hak dan kewajiban tema 4 subtema 1 tergolong baik dengan rerata 78,15.
(3) Terdapat pengaruh yang signifikan pre-test dan posttest lebih besar dari 0,05
besrdistribusi normal dalam penggunaan media putaran kanador pada materi hak
dan kewajiban tema 4 subtema 1 terhadap hasil belajar peserta didik kelas III MI
Darut Tauhid Kubu Raya dengan rerata posttest 78,15 lebih besar dari pada pretest 46,30.