Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1)
Hasil belajar sebelum menggunakan video animasi berbantuan
aplikasi plotagon; (2) Hasil belajar sesudah menggunakan
video animasi berbantuan aplikasi plotagon; (3) Ada tidaknya
pengaruh penggunaan video animasi berbantuan aplikasi
plotagon terhadap hasil belajar peserta didik materi organ
gerak hewan dan manusia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Islam Pontianak tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain penelitian pretest postest one group design
experiment. Teknik pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi
dan observasi dengan alatnya berupa lembar tes dengan 30
butir soal pilihan ganda, kamera hp dan lembar observasi.
Analisis data menggunakan analisis instrumen dan analisis
pengaruh.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang
dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Hasil
belajar peserta didik sebelum menggunakan media video
animasi berbantuan aplikasi plotagon rata-rata 53,47. (2)
Penerapan media video animasi berbantuan aplikasi plotagon
dengan hasil presentase 100%. (3) Hasil belajar peserta didik
setelah menggunakan video animasi berbantuan aplikasi
plotagon rata-rata 92,86.
(4) Ada pengaruh secara signifikan menggunakan video
animasi berbantuan aplikasi plotagon dengan Ho ditolak (Hᵅ
diterima).