PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI GAME EDUCATION DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS 1 B MIS IMADUDIN SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.author Saputri, Resti
dc.date.accessioned 2023-05-15T04:07:32Z
dc.date.available 2023-05-15T04:07:32Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2985
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung peserta didik dalam pembelajaran matematika khususnya di MIS Imadudin Sungai Raya pada peserta didik kelas I/B. Hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan membaca buku paket sebagai panduan peserta didik untuk aktif dan mengerti akan pembelajaran matematika selain itu guru juga tidak mempunyai pilihan macam media yang digunakan dan masih menggunakan media yang sama. Untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan maka digunakanlah model pembelajaran game education dengan menggunakan media permainan tradisional congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung melalui game education dengan menggunakan media permainan tradisional congklak pada peserta didik kelas 1 MIS Imadudin Sungai Raya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, soal test serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data hasil penelitian menggunakan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan berhitung dari Pra Siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penilaian Pra Siklus jumlah nilai 144 dengan persentase 57,60%, selanjutnya siklus I jumlah nilai 173 dengan persentase 69,20%, pada siklus I meningkat namun belum mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥80%, maka penelitian dilanjutkan pada siklus II jumlah nilai 220 dengan persentase 88,00%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini telah berhasil mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥80%, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berhitung peserta didik kelas IB MIS Imadudin Sungai Raya dapat ditingkatkan melalui game education dengan menggunakan media permainan tradisional congklak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Berhitung en_US
dc.subject Game Education en_US
dc.subject Permainan Tradisional Congklak en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI GAME EDUCATION DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS 1 B MIS IMADUDIN SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account