PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS IVA SDIT HARUNIYAH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Naimah, Anis Ulfatun
dc.date.accessioned 2023-05-15T02:27:14Z
dc.date.available 2023-05-15T02:27:14Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2978
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah di kelas IVA yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang digunakan. Sehingga dibutuhkan penerapan model yang tepat, diantara model yang dianggap tepat adalah model Children’s Learning in Science untuk mengatasi hasil belajar yang rendah tersebut. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Penerapan model pembelajaran Children’s Learning in Science; 2) Hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA; 3) Signifikansi pengaruh penerapan model pembelajaran Children’s Learning in Science terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA Kelas IV SDIT Haruniyah Pontianak tahun ajaran 2021/2022. Untuk mencapai tujuan, penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitiannya adalah PreExperimental dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi berjumlah 33 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi dengan proses kerjannya: 1) Analisis instrumen dengan reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh; 2) Analisis deskriptif dengan rata-rata dan persentase; 3) Analisis pengaruh dengan uji normalitas, persamaan regresi, uji keseluruhan, uji hipotesis serta indeks determinasi yang dipaparkan secara sistematis, faktual dan aktual. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan model pembelajaran Children’s Learning in Science dilakukan melalui persiapan, proses pelaksanaan, dan pelaksanaan akhir. Dilakukan secara sistematis sesuai dengan langkah-langkah model Children’s Learning in Science dan dilaksanakan dengan rata-rata hitung 100%; 2) Hasil belajar pretest peserta didik memiliki rata-rata 53,12 dengan persentase peserta didik yang mencapai KKM adalah 30,3%. Sedangkan hasil belajar posttest peserta didik memiliki rata-rata 81,82 dengan persentase yang tuntas mencapai KKM adalah 87,9%; 3) Penerapan model pembelajaran Children’s Learning in Science berpengaruh secara signifikan sebesar 54,1%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children’s Learning in Science berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Children’s Learning in Science en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS IVA SDIT HARUNIYAH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account