PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK TEMATIK BERBASIS KEISLAMAN DAN BUDAYA LOKAL PONTIANAK SUBTEMA RUKUN DALAM PERBEDAAN UNTUK MENINGKATKAN EMOTIONAL AWARENESS PESERTA DIDIK KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Muskania, Ricka Tesi
dc.contributor.author Syaukani, Afif
dc.date.accessioned 2023-05-15T01:47:01Z
dc.date.available 2023-05-15T01:47:01Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2977
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media pembelajaran tematik yang belum terlaksana secara optimal karena keterbatasan ketersediaan media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan diberikan oleh guru maka dibutuhkanlah media. Untuk itu penggunaan media khususnya media pop up book dalam proses pembelajaran sangat diperlukan demi membantu peserta didik untuk meningkatkan Emotional Awareness peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Kelayakan media pop-up book tematik, (2) Kelayakan materi media pop-up book tematik, (3) Kelayakan bahasa media pop-up book tematik, (4) Kelayakan media pop-up book tematik oleh ahli praktisi, (5) Hasil uji coba terbatas media pop-up book tematik. Untuk mencapai tujuan di atas, desain penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Sedangkan metodenya adalah metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif (Mix Methods). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain; (1) Observasi (2) Dokumentasi, dan (3) Wawancara Tahap-tahap penelitiannya adalah penelitian atau pengumpulan informasi awal, perencanaan, perancangan produk awal, uji coba awal, revisi produk awal, uji coba lapangan dan revisi produk. Kelayakan media pop-up book menurut ahli media berada pada kategori “baik sekali” dengan rerata 3,79. Kelayakan media pop up book tematik menurut ahli materi berada pada kategori “baik sekali” dengan rerata 3,87. Kelayakan media pop up book tematik menurut ahli bahasa berada pada kategori “baik sekali” dengan rerata 3,58. Kelayakan media pop up book tematik menurut praktisi berada pada krategori “baik sekali” dengan rerata 3,62. Pop-up book direvisi berdasarkan kritik dan saran dari validator ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan ahli praktisi. Revisi media pop-up book dilakukan setelah menerima hasil dari validator diketahui bahwa pada aspek bahasa banyak catatan yang diberikan oleh validator sehingga bahasa yang digunakan harus benar-benar sesuai. Baik dari tata tulis maupun tata bahasa yang disajikan pada peserta didik perlu diperbaiki meliputi penulisan huruf kapital, penulisan imbuhan, konsistensi kata yang digunakan. Hasil keterbacaan media pop-up book oleh peserta didik menunjukkan bahwa media dapat terbaca dengan baik dari aspek materi, tampilan, maupun bahasa . Peneliti tidak melakukan revisi produk, karena berdasarkan data hasil keterbacaan peserta didik sudah memperoleh kategori “sangat baik”. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject pop-up book tematik en_US
dc.subject keislaman en_US
dc.subject budaya lokal Pontianak en_US
dc.subject emotional awareness en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK TEMATIK BERBASIS KEISLAMAN DAN BUDAYA LOKAL PONTIANAK SUBTEMA RUKUN DALAM PERBEDAAN UNTUK MENINGKATKAN EMOTIONAL AWARENESS PESERTA DIDIK KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account