PENGARUH STRATEGI INKUIRI BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENTINGNYA MAKANAN SEHAT BAGI TUBUH KELAS 5 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MADINAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Ma’ruf, Yogi Ridani
dc.date.accessioned 2023-03-08T04:01:05Z
dc.date.available 2023-03-08T04:01:05Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2471
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah dalam penggunaan media belajar sebagai metode yang dipilih dalam pembelajaran, dikarenakan guru masih menggunakan media melalui Google Form dan WhatsApp sebagai penyalur materi dan tugas, sehingga banyak wali murid yang sulit untuk mengakses media tersebut dan tidak dapat menarik perhatian peserta didik. Oleh karena itu menyebabkan menurunnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran online maupun offline. Tujuan penelitian ini adalah untuk sebagai: 1) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media video animasi, 2) hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan media video animasi, 3) penggunaan media video animasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan preexperimental design melalui rancangan “one group pretest-posttest design”. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes (kemampuan kognitif, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut, 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunkan pembelajaran inkuiri berbantu media video animasi dengan rentang (range) preetest kelas eksperimen sehingga banyak peserta didik yang tidak tuntas 2) Uji hipotesis atau uji-t pada skor pre-test dan post-test kelas eksperimen pada uji hipotesis bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,000 yang berarti nilai (sig) > 0,05 dan menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antar sampel penelitian, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara Pre-Test dan Post-Test yang artinya terdapat pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat atau Ha diterima dan Ho ditolak, dengan begitu terdapat pengaruh yang diperoleh 3) Penggunaan pembelajaran inkuiri berbanu media video animasi dari hasil observasi pelaksanaan telah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Inkuiri en_US
dc.subject Media Video Animasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI INKUIRI BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENTINGNYA MAKANAN SEHAT BAGI TUBUH KELAS 5 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MADINAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account