AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN STRATEGI STORY TELLING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KEPEDULIAN LINGKUNGAN SOSIAL KELAS III MIS SIRATUL JANNAH DESA KUALA DUA TAHUN AJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Nandani, Nandani
dc.date.accessioned 2023-03-08T02:52:54Z
dc.date.available 2023-03-08T02:52:54Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2468
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) aktivitas belajar peserta didik kelas III dengan menggunakan strategi story telling dan media wayang kartun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIS Siratul Jannah Desa Kuala Dua Tahun Ajaran 2019/2020. 2) penggunaan strategi story telling dengan media pembelajaran wayang kartun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MIS Siratul Jannah Desa Kuala Dua Tahun Ajaran 2019/2020. 3) kendala pada aktivitas belajar peserta didik kelas III setelah menggunakan strategi story telling dengan media pembelajaran wayang kartun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIS Siratul Jannah Desa Kuala Dua Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu 1) Sumber primer adalah Kepala MIS Siratul Jannah Desa Kuala Dua, Wali Kelas III MIS Siratul Jannah Desa Kuala Dua, Guru Bahasa Indonesia MIS Siratul jannah Desa Kuala Dua, dan Peserta Didik Kelas III. 2) Sumber sekunder adalah dokumen-dokumen yang memperkuat hasil temuan dan melengkapi informasi yang telah dikumpulkan melalui wawancara sebelumnya. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi dengan menggunakan checklist sebagai alat, teknik wawancara dengan menggunakan panduan wawancara sebagai alat, dan dokumentasi menggunakan handphone sebagai alat. Peneliti menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Aktivitas belajar peserta didik kelas III sebelum pengunaan strategi story telling dan media wayang kartun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIS Siratul Jannah Desa Kuala Dua Tahun Ajaran 2019/2020 masih menggunakan metode belajar umum yakni dengan model seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, eksperimen, karyawisata; 2) Penggunaan strategi story telling dengan media pembelajaran wayang kartun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dinilai masih belum cukup efektif; 3) Aktivitas belajar peserta didik kelas III pada saat penggunaan strategi story telling dan media pembelajaran wayang kartun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia cenderung lebih aktif; 4) Peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas III setelah menggunakan strategi story telling dengan media pembelajaran wayang kartun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terjadi pada sisi antusias belajar dari peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Wayang Kartun en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.title AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN STRATEGI STORY TELLING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KEPEDULIAN LINGKUNGAN SOSIAL KELAS III MIS SIRATUL JANNAH DESA KUALA DUA TAHUN AJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account