PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER SECARA ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) BAWARI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author Mahmudah, Ema
dc.date.accessioned 2023-02-23T03:03:17Z
dc.date.available 2023-02-23T03:03:17Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2397
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah di Kelas IV MIS Bawari Pontianak yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Matematika materi bangun datar. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menggunakan model pembelajaran Treffinger. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Penggunaan model pembelajaran Treffinger secara online pada materi bangun datar; (2) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar dan (3) Signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger secara online terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam materi bangun datar pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Bawari Pontianak tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV MIS Bawari Pontianak. Teknik pengumpulan berupa observasi, pengukuran dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes uraian dan tes perbuatan serta mechanical device. Analisis data menggunakan (1) Analisis instrumen berupa validitas isi, perbutir dan keseluruhan serta validitas konstruk, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda (2) Analisis deskriptif berupa penggunaan model pembelajaran Treffinger dan kemampuan menyelesaikan soal cerita dan (3) Analisis pengaruh berupa pemeriksaan asumsi normalitas, persamaan regresi, uji kesesuaian model linier, uji hipotesis serta indeks determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Treffinger pada siswa kelas IV MIS Bawari Pontianak memiliki persentase hasil pengamatan 64,44% termasuk pada kategori cukup; (2) Kemampuan menyelesaikan soal cerita untuk kelas eksperimen pada saat pretes memiliki nilai rata-rata sebesar 7,68 dan pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 42,86 menjadi 50,54. Sedangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas kontrol pada saat pretes memiliki rata-rata persentase sebesar 26,28 dan pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 14,72 menjadi 41. Berdasarkan data tersebut baik pretes maupun postes termasuk kategori rendah dan (3) Penggunaan model pembelajaran Treffinger berpengaruh secara signifikan sebesar 12,5% terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita kelas IV MIS Bawari Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Treffinger en_US
dc.subject Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER SECARA ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) BAWARI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account